Senin, 04 April 2011

sistem perekonomian

pengertian dari sistem perekonomian adalah sebagai tolak ukur untuk mengetahui sebagai mana sebuah negara mampu mengatasi tinggi rendahnya perekonomian di negara tersabut. Dalam suatu permasalah ekonomi yang di hadapi oleh semua negara di dunia, hanya dapat diselesaikan berdasarkan sistem perekonomian yang dianut oleh masing-masing negara.
Dari semua negara sistem perekonomian berbeda-beda karena perbeda penerapan sistem perekonomian dapat terjadi karena perbeda sumber daya maupun perbedaaan sistem pemerintahan suatu negara. Sistem perekonomian dapat berfungsi sebagai alat pendorong untuk melakukan produksi dan metode untuk mengorganisasikan kegiatan individu.
Dan ini adalah berbagia macam-macam sistem perekonomian.

1. Sistem perekonomian kapitalisme, yaitu sistem perekonomian yang memberikan suatu kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melakukan kegiatan ekonomi, seperi menjual dan memproduksi barang. Dan sistem perekonomian seperti ini dapat membuat orang bebas untuk melakukan kegiatan berbisnis agar dapat memperoleh keuntungan yang besar.
2. sitem perekonomian sosialisme, yaitu sistemn perekonomian yang memberikan kebesasaran yang cukup besar kepada setiap orang untuk melakukan kegiatan ekonomi, tetapi dengan campur tangan pemerintah. Pemerintah masuk ke dalam perekonomian negara untuk mengatur tata kehidupan perekonomian negara serta jenis-jenis perekonomian yang menguasai hajat hidup orang banyak.
3. sistem perekonomian komunisme, sistem perekonomian komunisme biasanya peran pemerintah sangat besar dalam menguasai kegiatan perekonomian negara tersebut.
4. sistem perekonomian merkantilismem, yaitu sistem pollitik ekonomi yang sangat mementingkan perdagangan internasional dengan tujuan memperbanyak aset&modal yang dimiliki negara tersebut.
5. sistem perekonomian fasisme, yaitu paham yang mengedepankan bangsanya sendiri dan memandang rendah bangsa lain. jadi sistem ini termasuk sistem perekonomian yang sombong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar