Jumat, 28 Januari 2011

Tipologi Kepemimpinan berdasarkan Jenis Paternalistic


Beberapa faktor popularitas pemimpin paternalistik adalah:
  • Kuatnya ikatan primordial,
  • Extended family system,
  • Kehidupan masyarakat yang komunalistik,
  • Peranan adat istiadat yang sangat kuat,
Dari segi persepsi yang timbul, pemimpin paternalistik banyak diwarnai oleh harapan dari para pengikutnya untuk dapat berperan aktif sebagai bapak yang bersifat melindungi dan layak untuk dijadikan tempat bertanya dan memperoleh petunjuk.
Dari segi sifat, pemimpin yang paternalistik mempunyai sifat yang tidak mementingkan diri sendiri melainkan memberikan perhatian pada kepentingan dan kesejahteraan bawahannya.
Dan bila ditinjau dari segi nilai yang dianut, biasanya pemimpin paternalistik lebih mengutamakan kebersamaan serta adanya perlakuan yang seragam yang lebih menonjol.
Sedangkan bila ditinjau dari sikap yang dianut, bahwa pemimpin harus mengetahui segala seluk beluk kehidupan organisasional, sehingga yang terjadi adalah adanya pemusatan pengambilan keputusan dalam diri pemimpin dan bawahan hanya sebagai pelaksana saja.
Dari ke empat faktor yang diuraikan diatas, maka penonjolan dominasi keberadaan pemimpin dan penekanan yang kuat pada kebersamaan serta lebih bercorak pada yang bersifat sebagai pelindung, bapak, dan guru. 




sumber : http://belajarmanagement.wordpress.com/2009/06/29/tipe-pemimpin-paternalistik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar